Usai Kebanjiran, Bandara Ahmad Yani Kembali Beroperasi Hari Ini

idntimes.com 2021/02/08 00:15

Jakarta, IDN Times - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau simpul-simpul...

Jakarta, IDN Times - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau simpul-simpul transportasi seperti bandara, stasiun, pelabuhan, dan terminal yang terdampak banjir di Kota Semarang, Jawa Tengah. Menhub mengatakan Bandara Ahmaf Yani sudah bisa dibuka kembali pagi ini.

“Saya mendapat laporan bahwa Bandara Ahmad Yani Semarang mulai Minggu pagi ini sudah bisa digunakan dengan catatan tertentu. Oleh karena itu, saya ingin mengecek kondisi terkini di bandara dan juga di stasiun dan pelabuhan,” kata Menhub dalam keterangan resminya, Minggu (7/2/2021).

1. Sejumlah simpul transportasi belum bisa beroperasi

Ilustrasi (IDN Times/Imam Rosidin)

Berdasarkan laporan Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Semarang, kondisi terminal penumpang di Pelabuhan Tanjung Emas yang kemarin, Sabtu, 6 Februari 2021 tergenang banjir, hari ini berangsur-angsur mulai surut. KSOP Semarang telah menyiagakan pompa air untuk menyedot genangan.

Sementara, kondisi Stasiun Tawang dan jalur kereta api di sejumlah titik hingga Minggu pagi masih tergenang air, sehingga perjalanan kereta api pagi belum bisa beroperasi. Sedangkan, di Stasiun Poncol genangan air dilaporkan sudah surut.

PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) telah melakukan perubahan pola operasi pada perjalanan kereta api jarak jauh, dengan mengalihkan perjalanan ke jalur selatan dan juga melakukan pengalihan kepada penumpang ka dengan menggunakan transportasi bus.

2. Hujan deras berpotensi terjadi dalam beberapa hari ke depan

Ilustrasi Hujan (IDN Times/Sukma Shakti)

Curah hujan tinggi di Semarang menyebabkan banjir hingga berdampak pada sejumlah simpul-simpul transportasi di Semarang seperti bandara, stasiun, dan pelabuhan tidak dapat beroperasi karena tergenang banjir.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sejumlah daerah berpotensi mengalami hujan deras mulai Jumat, 5 Februari 2021 hingga beberapa hari ke depan.

3. Bandara Ahmad Yani sempat ditutup karena terendam banjir

Ilustrasi Banjir. (IDN Times/Mardya Shakti)

PT Angkasa Pura I menutup sementara Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani, akibat banjir yang melanda wilayah bandara dan Kota Semarang sejak Jumat, 5 Februari 2021 malam.

Penutupan bandara dilakukan hingga Minggu (7/2/2021) pukul 06.00 WIB, sesuai Notam(Notice to Airmen) Nomor: B0182/21 NOTAMR B0181/21, perihal RWY 13/31 Tutup dengan ringkasan isi Notam RWY 13/31 Tutup Dikarenakan Genangan Air Sampai 7 Februari 2021 Pukul 06.00 WIB.

Berita dengan kategori