Pakai Hasil Uji Klinis Brazil, BPOM Sebut Tak Efek Samping Serius Vaksin Sinovac untuk Lansia

nasional.kompas.com 2021/02/08 06:55

, – Badan Pengawas Obat dan Makanan ( BPOM) resmi menerbitkan izin penggunaan darurat...

, – Badan Pengawas Obat dan Makanan ( BPOM) resmi menerbitkan izin penggunaan darurat atauemergency use authorizationvaksin Covid-19 Sinovac untuk masyarakat usia lanjut atau lansia.

Kepala BPOM Penny Lukito mengatakan, dalam menerbitkan izin penggunaan darurat itu, BPOM mempertimbangkan hasil uji klinis fase 2 di China dan fase 3 di Brasil terhadap Sinovac.

Berdasarkan hasil uji klinis tersebut, ditemukan tidak ada efek samping serius dari penggunaan vaksin Sinovac terhadap lansia.

"Dari hasil studi klinik juga yang telah dilakukan efek samping umumnya terjadi adalah ringan yaitu mual, demam, bengkak, kemerahan pada kulit dan sakit kepala sebelah," kata Penny dalam konferensi pers daring, Minggu (7/2/2021).

Dimulai Hari Ini, Vaksin Lansia 2 Dosis dengan Selang 28 Hari

Hasil uji klinis terhadap 400 lansia di China itu juga menunjukkan bahwa vaksin Sinovac meningkatkan imunogenisitas atau kadar antibodi yang baik.

Ia menyebut, uji klinis fase 3 di Brasil yang melibatkan 600 lansia menunukkan Sinovac aman dan tidak menimbulkan efek samping serius ataupun berujung pada kematian.

Setelah menganalisis data-data tersebut, kata Penny, BPOM memutuskan untuk menerbitkan izin penggunaan darurat vaksin Sinovac untuk lansia di Indonesia.

Penny mengatakan, vaksinasi untuk kelompok lanjut usia (lansia) sema seperti vaksinasi pada usia dewasa.

Kabar Baik! Lansia Mulai Divaksin Covid-19 Hari Ini…

Vaksin Sinovac, kata dia, juga diberikan sebanyak dua dosis pada orang usia lanjut. Namun, dengan selang waktu 28 hari.

"Setelah 28 hari pemberian dosis kedua antibodi masih tinggi di 97,98 persen," kata Penny.

Penny menyebut, vaksinasi terhadap lansia penting lantaran kelompok ini menjadi penyumbang besar dalam persentase kematian pasien Covid-19 yang jumlahnya mencapai 47,3 persen.

"Dengan telah diterbitkannya persetujuan vaksin untuk populasi lansia diharapkan angka kejadian infeksi dan angka kematian manusia akibat infeksi Covid-19 ini dapat menurun," kata dia.

Berita dengan kategori